RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : MIN Mataram
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas,
Semester : II, I
Pertemuan
Ke : 4
Waktu
: 2x25 menit
A.
Standar Kompetensi
4.
Menulis
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
B.
Kompetensi Dasar
4.1
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
C.
Indikator
4.1.1 Memahami cerita sederhana
4.1.2 Memperhatikan contoh melengkapi cerita
rumpang dengan kata yang tepat
4.1.3 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami cerita sederhana.
2.
Siswa dapat memperhatikan contoh melengkapi cerita rumpang dengan
kata yang tepat.
3.
Siswa dapat melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
E.
Materi Belajar
Cerita
Sederhana.
F.
Metode dan Model Pembelajaran
1.
Metode: ceramah, tanya jawab, penugasan.
2.
Model pembelajaran: Pembelajaran Langsung (Direct Learning)
Kooperatif
(Cooperative Learning)
Kontekstual (Contekstual
Teaching and Learning)
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Apersepsi
Guru
dan siswa bertanya jawab tentang kegiatan melengkapi cerita dan cara membuat
cerita sederhana.
b.
Motivasi
Guru
membantu siswa dalam memahami melengkapi cerita dan membuat cerita sederhana
serta memberikan respon positf berupa pujian atau hadiah bagi siswa yang
dapat melengkapi dan membuat cerita sederhana.
c.
Informasi
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10
menit
|
Tanya
jawab, ceramah
|
2.
|
Kegiatan
Inti:
a.
Eksplorasi
-
Siswa mencoba untuk melengkapi
cerita berdasarkan kalimat yang telah disediakan.
-
Setelah itu siswa mencoba
melengkapi cerita berdasarkan gambar.
b.
Elaborasi
-
Siswa menyalin cerita yang
sudah dilengkapi di buku masing-masing menggunakan huruf tegak bersambung.
c.
Konfirmasi
-
Dengan bimbingan guru, siswa
memeriksa kembali tulisan dan jawaban yang telah dibuat.
-
Dengan bimbingan guru, siswa dapat
melengkapi cerita dengan kata yang tepat.
|
25
menit
|
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, penugasan
|
3.
|
Penutup:
-
Guru melakukan penilaian.
-
Guru memberikan PR.
|
15
menit
|
Tanya
jawab, penugasan
|
H.
Sumber/Bahan/Alat Belajar/Media
1.
Buku Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia SD/MI kelas 2 halaman
10 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun
2008 dan Buku Aku Bisa Bahasa Indonesia SD/MI kelas 2 halaman 7 yang
diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.
2.
Cerita sederhana.
3.
Klos bergambar dan cerita sederhana.
I.
Penilaian
1.
Jenis Tes
a.
Tes Tulis.
b.
Contoh soal
tulis:
Perhatikan
tulisan berikut ini.
Namaku
Renita Wulan.
Ayahku
bernama Rendi.
Ibuku
bernama Rita.
Lengkapilah
cerita di bawah ini berdasarkan cerita di atas.
Namaku
...........
Ayahku
bernama.......................
Ibuku
bernama..................
2.
Format
Penilaian
a.
Tertulis
No
|
Aspek
|
Skor Maksimum
|
1
|
Kebenaran Jawaban
|
50
|
2
|
Bahasa
|
40
|
3
|
Waktu
|
10
|
Mataram, 20 Mei 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru
Kelas,
Prof. Dr. Azizi, M.Pd Tria Ami
Laksmi, S.Pd
NIP. 19910824 2013201 2005 NIP.
19953004 2013405
Tidak ada komentar:
Posting Komentar