Selasa, 26 Mei 2015

contoh RPP bahasa indonesia



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                   : MIN Mataram
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester                       : II, I
Pertemuan Ke                         : 4
Waktu                                                 : 2x25 menit

A.    Standar Kompetensi  
4. Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

B.     Kompetensi Dasar      
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

C.     Indikator
4.1.1    Memahami cerita sederhana
4.1.2    Memperhatikan contoh melengkapi cerita rumpang dengan kata      yang tepat
4.1.3    Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami cerita sederhana.
2.      Siswa dapat memperhatikan contoh melengkapi cerita rumpang dengan kata yang tepat.
3.      Siswa dapat melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

E.     Materi Belajar
Cerita Sederhana.

F.      Metode dan Model Pembelajaran
1.      Metode: ceramah, tanya jawab, penugasan.
2.      Model pembelajaran: Pembelajaran Langsung (Direct Learning)
Kooperatif (Cooperative Learning)
Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning)

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan:
a.       Apersepsi
Guru dan siswa bertanya jawab tentang kegiatan melengkapi cerita dan cara membuat cerita sederhana.
b.      Motivasi
Guru membantu siswa dalam memahami melengkapi cerita dan membuat cerita sederhana serta memberikan respon positf berupa pujian atau hadiah bagi siswa yang dapat melengkapi dan membuat cerita sederhana.
c.       Informasi
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10
menit
Tanya jawab, ceramah
2.
Kegiatan Inti:
a.       Eksplorasi
-          Siswa mencoba untuk melengkapi cerita berdasarkan kalimat yang telah disediakan.
-          Setelah itu siswa mencoba melengkapi cerita berdasarkan gambar.
b.      Elaborasi
-         Siswa menyalin cerita yang sudah dilengkapi di buku masing-masing menggunakan huruf tegak bersambung.
c.       Konfirmasi
-          Dengan bimbingan guru, siswa memeriksa kembali tulisan dan jawaban yang telah dibuat.
-          Dengan bimbingan guru, siswa dapat melengkapi cerita dengan kata yang tepat.

25
menit
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
3.
Penutup:
-          Guru melakukan penilaian.
-          Guru memberikan PR.

15
menit
Tanya jawab, penugasan

H.    Sumber/Bahan/Alat Belajar/Media
1.      Buku Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia SD/MI kelas 2 halaman 10 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008 dan Buku Aku Bisa Bahasa Indonesia SD/MI kelas 2 halaman 7 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.
2.      Cerita sederhana.
3.      Klos bergambar dan cerita sederhana.
I.       Penilaian
1.      Jenis Tes
a.       Tes Tulis.
b.      Contoh soal tulis:
Perhatikan tulisan berikut ini.
Namaku Renita Wulan.
Ayahku bernama Rendi.
Ibuku bernama Rita.
Lengkapilah cerita di bawah ini berdasarkan cerita di atas.
Namaku ...........
Ayahku bernama.......................
Ibuku bernama..................
2.      Format Penilaian
a.       Tertulis
No
Aspek
Skor Maksimum
1
Kebenaran Jawaban
50
2
Bahasa
40
3
Waktu
10
                                                                       
Mataram, 20 Mei 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                     Guru Kelas,

Prof. Dr. Azizi, M.Pd                               Tria Ami Laksmi, S.Pd
NIP. 19910824 2013201 2005                 NIP. 19953004 2013405

Tidak ada komentar:

Posting Komentar