METODE
PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Metode Pembelajaran
Metode secara harfiah berarti “cara”. Dalam pemakaian yang umum,
metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai
tujuan tertentu. Kata “pembelajaran” berarti segala upaya yang dilakukan
oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri siswa. Jadi, metode
pembeljaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakuka oleh
pendidik agar terjadi proses belajar pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai
tujuan.
B.
Ciri-ciri Umum
Metode yang Baik
Terdapat beberapa ciri dari sebuah metode yang baik, berikut ini:
(1) Berpadunya metode dari segi tujuan; (2) Berpadunya metode dari segi materi
pembelajaran; (3) Dapat mengantarkan siswa pada kemampuan praktis; (4) Dapat
mengembangakn materi; (5) Memberikan keleluasaan pada siswa menyatakan
pendapatnya; (6) Mampu menemptakan guru dalam posisiyang tepat, terhormat dalam
keseluruhan proses pembelajaran.
C.
Keefekantifan
Penggunaan Metode Pembelajaran
Pengalaman membuktikan bahwa kegagalan pembelajaran salah stunya
disebabkan oleh pemilihan metode yang kurang tepat. Kelas yang kurang bergairah
dan kondisi kurang sesuai dengan sifat bahan dan tidak sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Karena itu, dapat dipahami bahwa metode adalah suatu cara yang
memiliki nilai strategis dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam menetapkan metode pembelajaran, bukan tujuanyan menyesuaikan
dengan metode atau karakter anak, tetapi metode hendaknya menjadi variabel dependen
yang dapat berubah dan berkembang sesuai kebutuhan.
D.
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi dalam Pemilihan Metode Pembelajaran
1.
Tujuan yang
Hendak Dicapai
Tujuan adalah sasaran yang dituju dari setiap kegiatan
pembelajaran.
2.
Materi Pembelajaran
Materi pelajaran ialah sejumlah materi yang hendak disampaikan oleh
guru untuk bisa dipelajari dan kuasai oleh siswa.
3.
Siswa
Siswa sebagai subyek belajar memiliki karakteristikyang
berbeda-beda, baik minat, bakat, kebiasaan, motivasi, situasi sosial,
lingkungan keluarga dan harapan terhadap masa depannya.
4.
Situasi
Situasi kegiatan
belajar merupakan setting lingkungan pembelajaran yang dinamis.
5.
Fasilitas
Fasilitas dapat
pemilihan dan penentuan metode.
6.
Guru
Setiap guru
memiliki kepribadian, performance style, kebiasaan dan pengalaman
membelajarkan yang berbeda-beda, Kompetensi membelajarkan biasanya dipengaruhi
pula oleh latar belakang pendidikan.
E.
Macam-macam
Metode yang dapat Dipakai dalam Proses Pembelajaran
1.
Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan
penyajian materi melalui penjelasan lisan oleh seorang guru kepada
siswa-siswanya. Dalam hal ini biasanya guru memberikan uraian mengenai topik
tertentu di tempat tertentu dan dengan alokasi waktu tertentu. Metode ceramah
lazim pula disebutka metode kuliah ataupun pidato.
Proses
pembelajaran yang mengguanakan metode ceramah, perhatian terpusat pada guru
sedangakan para siswa hanya menerima secara pasif, mirip anak balita yang
sedang disuapi.
2.
Metode Tanya
Jawab
Metode tanya
jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus
dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada
guru.
3.
Metode Diskusi
Metode
diskusi adalah masalah yang ingin dipecahkan bersama-sama, suatu cara
penyampaian pelajaran di mana guru bersama-sama siswa mencari jalan pemecahan
atas persoalan yang dihadapi.
4.
Metode
Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode membelajarkan dengan cara
memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan,
baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pembelajaran yang relevan
dengan pokok bahasan yang sedang disajikan.
5.
Metode
Kisah/Cerita
Menceritakan
peristiwa/alur yang sudah lampau. Dalam kisah itu tersimpan nilai-nilai
pedagogis religius yang memungkinkan siswa mampu meresapinya.
6.
Metode Simulasi
Kata simulasi berasl dari kata simulate yang artinya pura-pura atau
berbuat seolah-olah, atau perbuatan yang pura-pura saja. Adapun bentuk-bentuk
simulasi berikut ini:
a.
Pear teaching
b.
Sosiodrama
c.
Psikodrama
d.
Simulasi game
e.
Role
playing/bermain peran
7.
Metode
Karyawisata
Berlibur sambil belajar/mencari karya. Menyegarkan tubuh, menambah
kesehatan, melatih anak-anak agar kuat, mampu menahan lapar dan dahaga,
pembimbing atau pendidik menganjurakan agar memperhatikan tingkah laku
anak-anak dan sikap mereka dalam menghadapi berbagai hal yang beragam dan
berbeda.
8.
Metode Tutorial
Metode
tutorial ini diberikan dengan bantuan tutor. Ada beberapa jenis tutorial,
yakni:
a.
Tutorial
konsultasi
b.
Tutorial
kelompok
c.
Tutorial
praktikum
9.
Metode Suri
Teladan
Metode yang dapat diartikan sebagai “keteladanan yang baik”, Dengan
adanya teladan yang baik, maka akan menumbuhkan hasrat bagi orang lain
untuk meniru atau mengikutinya.
10. Team Teaching
Team teaching yaitu
suatu cara penyajian materi pelajaran yang dilakukan oleh tim (terdiri dari dua
atau tiga atau beberapa orang)
11. Metode Kerja Kelompok
Metode kerja kelompok
yaitu upaya saling membantu antara dua orang atau lebih, antara individu dengan
kelompok lainnya dalam melaksanakan tugas.
12. Metode Penugasan
Metode penugasan
yaitu suatu cara penyajian belajar dengan cara guru memberi tugas tertentu
kepada siswa dalam waktu yang ditentukan dan siswa dipertanggungjawabkan atas
tugas yang dibebabnkan padanya. Metode ini untuk memotivasi anak aktif belajar,
baik secara individual atau kelompok.
13. Curah Pendapat (Brain Storming)
Curah pendapat adalah
salah satu bentuk diskusi dalam rangka menghimpun gagasan, pendapat, informasi,
pengetahuan, pengalaman dari semua peserta.
14. Metode Latihan
Metode latihan yaitu
suatu cara menyampaikan materi pelajaran untuk menanamkan kebiasan-kebiasan
tertentu.
15. Metode Praktik Lapangan
Bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya.
16. Metode Simposium
Metode simposium
adala metode yang memaparkan suatu seri pembicara dalam berbagai kelompok topik
bidang materi tertentu.
17. Metode Pembelajaran dengan Modul
Metode pembelajaran
yang dilakukan dengan menyiapkan suatu paket belajar yang berisi satu satuan
konsep tunggal bahan pembelajaran untuk dipelajari sendiri oleh siswa.
18. Metode Eksperimen
Metode eksperimen
adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivtas
percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajari.
19. Metode Permainan (Games)
Permainan digunakan
untuk penciptaan suasana belajar dari pasif ke aktif, dari kaku menjadi gerak,
dan dari jenuh menjadi semangat. Menentukan jenis kegiatan bermain yang akan
dipilih sangat tergantung kepada tujuan dan tema yang telah ditetapkan
sebelumnya.
(sumber: Dr. M. Sobry Sutikno. Belajar dan Pembelajaran. Lombok:
Holistica, 2015. Hal. 83).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar